Skip to main content

Search This Blog

10 Kelebihan iPhone Dibanding Android

10 Advantages of iPhone Compared to Android – Saat ini, ada dua smartphone paling diminati bahwa Android dan iPhone. Tak heran andaikan dua platform mobile ini sering bersaing setiap tahunnya merilis ponsel terbaru besutannya.

Jadi, harus pilih iPhone atau Android?

ane yakin itu yg kamu pikirkan saat ini, lebih baik iPhone atau Android ‘kan.


10 Kelebihan iPhone Dibanding Android

Seperti yg kita ketahui bahwa Galaxy S8 dan S8+ baru saja dirilis oleh Samsung dengan desain yg cukup menawan, kualitas kamera terbaik dan sensor pemindai iris mata. Berbeda dengan Apple, yg baru akan merilis iPhone keluaran terbaru bahwa iPhone 8 pada bulan September nanti.

Sekalipun Android memegang pangsa pasar di Indonesia karena jumlah penggunannya yg lebih banyak dibandingkan iOS, masih ada beberapa asalan kenapa kamu harus memilih ponsel besutan Apple itu.

Setelah membahas kelebihan MacBook dibanding laptop biasa, kami juga akan berbagi 10 kelebihan iPhone dibanding Android yg sudah kami rangkum di bawah ini.

1. Jaminan Update OS Lebih Lama

Kelebihan iPhone dibanding Android yg pertama bahwa jaminan update sistem operasi iPhone. iOS bahwa sistem operasi mobile buatan Apple dan hanya mampu diinstal pada perangkat iOS seperti iPhone, iPad, iPod dan Apple Watch.

iPhone keluaran terbaru dirilis bersamaan dengan iOS terbaru dan mendapatkan update kurang lebih 5 tahun.

Sebagai contoh, iPhone 4s yg secara bertahap dalam waktu lima tahun mendapatkan update iOS terbaru mulai dari iOS 6, 7, 8 hingga iOS 9.

Begitupun dengan penerusnya, iPhone 5s yg dirilis pada bulan September 2013. Sudah hampir 4 tahun lamanya masih mendapatkan update iOS terbaru, termasuk upgrade ke iOS 11 yg masih dalam tahap beta dan bulan depan akan dirilis.

Dan tidak menutup kemungkinan andaikan iOS 12 rilis pada tahun 2018 nanti, kamu masih mampu upgrade iOS 12 di iPhone 5s. Itu berarti kamu menikmati update iOS selama 5 tahun lamanya.

Berbeda dengan Android, yg diproduksi oleh beberapa vendor terkenal seperti Samsung, HTC, Xiaomi, dan lainnya hanya membagikan dukungan update sistem operasi beberapa kali saja.

Selain itu, cara update iOS sangat mudah dilakukan melalui perangkat tanpa komputer ataupun dengan cara jailbreak.

2. Aplikasi Terbaik Rilis Lebih Awal di iOS

Aplikasi terbaik selalu hadir lebih awal di iPhone daripada di Android. Tak heran andaikan beberapa waktu lalu, ada beberapa aplikasi ekslusif yg hanya mampu dijalankan di iOS seperti Instagram, Flappy Bird, BBM dan Super Mario Run.

Meskipun Android lebih banyak diminati di tanah air dan ada jutaan aplikasi yg tersedia di Google Play Store, tidak akan mengalahkan ekosistem aplikasi di App Store.

Kebanyakan pengembang lebih memilih merilis lebih dulu aplikasi di iOS kemudian menyediakannya di Google Play Store milik Google itu.

Ada banyak alasan kenapa developer lebih senang membuat aplikasi di iPhone daripada Android. Salah satunya karena tool development iOS lebih mudah digunakan.

3. Performa iOS Lebih Baik

Seperti yg kita ketahui, iOS bahwa sistem operasi mobile buatan Apple sendiri dan hanya mampu digunakan di perangkatnya seperti iPad, iPod, iPhone dan Watch Apple. Inilah yg membuat Apple tahu betul apakah perangkatnya memungkinkan mendapatkan update iOS atau tidak.

Berbeda dengan Android  yg dibuat oleh beberapa vendor seperti Samsung, HTC, Xiaomi, Sony, Motorola. kamu mungkin mendapatkan update OS Android, tapi tidak ada jaminan apakah update terbaru tersebut mampu berjalan dengan baik di perangkat kamu.

Begitupun dengan tampilan antar-muka, kamu mungkin sempat dibuat pusing karena tampilan menu di HP Android yg beraneka-ragam. Sementara di iPhone tidak seperti itu, baik itu iPhone 5, iPhone 6, iPhone 7 dan iPhone 2017 yg akan dirilis tahun ini.

Tampilan yg lebih mudah dan tidak memusingkan saat ingin membuka layar, melihat jam, mengecek waktu, merekam, memotret dan masih banyak lagi yg membuat orang lebih memilih membeli iPhone daripada Android.

Hal lain yg orang banyak tidak senangi ketika menggunakan smartphone bahwa aplikasi tertutup sendiri. Tapi tidak untuk iOS, kamu akan jarang menemukannya karena iOS lebih stabil daripada Android.

Tak heran andaikan kamu banyak menemukan error force stop atau aplikasi tiba-tiba berhenti dengan sendiri di Android.

Tak hanya itu saja, iOS membenamkan mode DFU yg memungkinkan kamu mampu mengembalikan semua data seperti SMS, foto, video dan setting yg hilang tapi tentunya, kamu sudah sempat sebelumnya melakukan backup data iPhone.

4. Sistem Operasi Lebih Aman

Selain 3 kelebihan iOS daripada Android diatas yg membuat orang lebih memilih iPhone walaupun harganya terbilang mahal bahwa sistem keamanan iOS jauh lebih baik. Keamanan data yg jauh lebih bagus menjadikan alasan kenapa kamu harus beli iPhone.

Sejak dirilisnya iOS 9, Apple juga menambahkan fitur keamanan autentikasi dua faktor untuk ID Apple yg baru pertama kali login ke perangkat iOS atau web browser baru. kamu diharuskan memasukkan kode verifikasi yg dikirimkan ke perangkat Apple.

kamu mungkin masih mengingat saat ransomware menyerang awal tahun 2017, Apple tidak tinggal diam dan segera merilis update iOS 10.3 bagi pengguna perangkat iOS untuk menangkal serangannya.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai update keamanan iOS mampu kamu baca di situs Apple.

5. Berbahan Premium, Desain Simpel dan Elegan

iPhone dikenal sebagai smartphone dengan harga mahal. Tapi itu tampaknya wajar saja mengingat materialnya terbuat dari aluminium berbahan premium dengan rangka stainless steel.

Ini juga bahwa salah satu kelebihan iPhone daripada Android yg patut kamu pertimbangkan ketika bingung menentukan lebih baik iPhone atau Android.

Dikabarkan pada bulan Septermber tahun ini, Apple akan merilis iPhone 2017 yg mungkin diberi nama dengan iPhone 8 yg material bahan yg lebih premium dibandingkan generasi pendahulunya.

Dari segi desain, iPhone punya penampakan yg lebih unik dan tampil beda andaikan dibandingkan dengan Android. Banyaknya produsen HP Android yg membuatnya tidak punya keunikan daripada iPhone.

Ketika Apple merilis iPhone terbaru, desain yg dibuat tidak sempat membuat penggunanya merasa kesulitan menggunakannya. Penempatan tombol Home, volume, power tidak sempat mengalami perubahan yg signifikan.

6. Garansi

Kelebihan iPhone dibanding Android bahwa garansi. Semua produk Apple mendapatkan garansi resmi selama 1 tahun sejak kamu membelinya baik itu Mac, iPhone, iPad, iPod, dan Watch Apple.
Cakupan garansi resmi iPhone sangat lengkap. andaikan kamu mengalami masalah pada komponen atau hardware maka kamu tidak hanya mendapatkan perbaikan saja tapi juga pergantian komponen pada masa garansi 1 tahun tersebut dengan biaya gratis.

Cara klaim garansi resmi iPhone terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu pergi ke Apple Premium/Authorized Reseller. kamu tidak perlu khawatir, ada banyak toko resmi Apple di Indonesia yg tersebar di kota-kota besar.

Ini tentunya berbeda dengan garansi distributor, yg tidak ditunjuk langsung oleh Apple. Biasanya masa garansi yg diberikan kurang dari 1 tahun, kurang lengkap dan proses klaim yg rumit serta agak lama.

Dengan AppleCare Protection Plan, kamu mampu memperpanjang atau menambah masa garansi iPhone. Cara daftar AppleCare sangat mudah,cukup kunjungi Apple Reseller Authorized kemudian mengaktifkannya di situs AppleCare.

Dengan menambah garansi iPhone, kamu tidak perlu lagi khawatir ataupun mengeluarkan uang untuk membeli spare parts iPhone yg harganya terbilang mahal saat masa garansi satu tahun sudah selesai.

andaikan kamu punya budget yg lebih, sangat disarankan menggunakannya walaupun harga Apple Care terbilang mahal.

7. Kualitas Kamera Terbaik

andaikan dibandingkan dengan Android yg memiliki resolusi kamera tinggi, iPhone justru masih membenamkan kamera dengan resolusi rendah. tetapi, kamera iPhone hasilnya jauh lebih bagus ketimbang kamera Android yg resolusinya lebih tinggi.

Sudah menjadi rahasia umu andaikan kualitas kamera iPhone terbaik. Ada banyak faktor yg menyebabkan hal tersebut.

Resolusi kamera yg menjadi salah satu faktor penentu menentukan orang dalam memilih smartphone, apakah harus pilih iPhone atau Android.

Samsung Galaxy S8+ dan iPhone 7 Plus masing-masing punya kamera belakang dengan resolusi yg sama bahwa 12 MP, perbedaannya terletak pada bukaan kameranya.

Pada kenyataannya, andaikan keduanya dalam mode auto maka hasil jepretan yg dihasilkan kamera iPhone lebih detil dibandingkan dengan Galaxy S8.

8. Harga Jual Lebih Tinggi

Banyak orang yg mengetahui bahwa produk Apple mahal dan ekslusif. Itulah yg menyebabkan harga jual iPhone lebih tinggi dan termasuk juga kelebihan iPhone.

Tak heran andaikan kamu termasuk orang yg suka gonta-ganti smartphone, tidak akan merasa rugi andaikan membeli iPhone karena harga jual iPhone lebih tinggi.

Asumsinya, iPhone bekas pemakaian kamu yg akan dijual itu tidak mengalami kerusakan seperti layar pecah, adanya baret, baterai bocor, atau cacat fisik lainnya.

9. Minim Resiko Terkena “Malware”

Symantec mengatakan bahwa Android lebih rentan terkena serangan malware dibandingkan dengan iOS milik Apple itu. Tentunya ini karena oleh penggunanya sendiri dan banyaknya aplikasi root Android yg mudah didapatkan dari internet.

Bukan berarti pengguna iPhone 100% aman dari malware. andaikan kamu mencari tahu cara jailbreak iPhone dan melakukannya karena suatu hal, mampu jadi iPhone lebih rentan terkena malware atau serangan berbahaya lainnya.

Instal aplikasi Android yg cukup mudah memang sangat menguntungkan pengguna Android, tapi ada banyak aplikasi Google Play Store yg berasal dari sumber yg tidak terpercaya sehingga resiko terkena malware lebih tinggi.

Berbeda di toko aplikasi iOS, App Store. Apple sangat ketat dalam menyeleksi aplikasi yg mampu diunduh oleh penggunanya.

10. Tanpa Aplikasi Operator Seluler

kamu tidak akan menemukan adanya aplikasi tambahan dari pihak operator seluler andaikan membeli iPhone. Tidak sama seperti HP Android yg diproduksi oleh Samsung, Xiaomi, HTC dan lainnya.

Ada banyak aplikasi operator seluler yg disertakan, padahal mampu jadi kamu tidak terlalu membutuhkannya. Aplikasi bawaan Android ini terkadang membuah orang kesal karena tidak mampu dihapus, hanya mampu dinonaktifkan saja.

Keberadaan aplikasi ini akan mengurangi kapasitas memori internal.

iPhone tidak sama seperti Android. Bagi kamu yg menggunakan iOS 10, cara menghapus aplikasi bawaan Apple sangat mudah dilakukan andaikan kamu tidak menggunakannya.

Penutup

Memiliki smartphone bahwa dambaan semua orang. Kelebihan iPhone ini yg membuat banyak orang ingin menggunakannya.

Sekalipun sistem operasi iOS lebih aman, kamu jangan sempat berpikiran jailbreak iPhone karena tergiur banyaknya aplikasi berbayar yg mampu kamu instal tanpa harus bayar agar keamanan data dan privasi lebih terjaga.

Membeli aplikasi berbayar di App Store jauh lebih baik andaikan memang kamu punya budget lebih daripada download aplikasi gratis di App Store iOS karena ada banyak fitur menarik yg ditawarkan.

Baca Juga Info iPhone Lainnya di gadgetr.tech

meningkatkan kualitas kamera android root, antar muka sistem tidak menanggapi, antarmuka tidak menanggapi, cara matikan internet brandcode b1, cara membuat HP non NFC menjadi NFC, download kamera pandang gta v gta sa android, hp vivo antar muka tidak menanggapi, sambungan internet tidak aman android